Subscribe Us

Header Ads

Kumpulan Soal ANBK Kelas 5 SD Numerasi dan Literasi

ANBK Kelas 5 SD Numerasi dan Literasi
Siap Mengajar - Mempersiapkan diri anak-anak didik agar mampu menyelesaikan semua pertanyaan dengan hasil yang maksimal merupakan tujuan yang sangat baik untuk meningkatkan kemampuan berpikir anak-anak didik tersebut. Dan juga akan meningkatkan kualitas sekolah secara umum.

Berikut ini contoh soal-soal ANBK yang dapat dipakai untuk latihan memahami dan meningkatkan berpikir anak-anak didik tingkat SD.

1. Apabila ada yang bergabung dengan kelima orang yang ada di dalam lift, apakah kondisi berikut memungkinkan?
A. Andi, Rosa, dan Joni dapat masuk dan menggunakan lift secara bersama-sama.
Jawab: Salah

B. Lift sudah tidak dapat diisi lagi.
Jawab: Salah

2. Apabila Andi masuk lift dengan membawa barang seberat 6 kg dan bergabung dengan kelima orang yang di dalam lift, berapa kg kapasitas lift yang tersisa?
Jawab: 69 Kg

3. Keluarga Dewi juga ingin masuk ke dalam lift. Mereka akan bergabung dengan kelima orang di dalam lift. Keluarga Dewi terdiri atas Ayah (72 kg), Ibu (63 kg), Feri (33 kg) dan Dewi (45 kg). Mereka membawa beberapa kardus, maka pasangkan dengan berat kardus yang benar.
Jawab: - Ayah, Ibu, dan Feri - berat kardus 2 kg - Ayah, Feri, dan Dewi - berat kardus 20 kg - Ibu, Dewi, dan Feri - berat kardus 29 kg

4. Lift sudah berisi 5 orang dengan jumlah berat badan 380 kg. Di luar lift, Andi, Rosa, dan Joni akan masuk ke dalam lift yang sama. Berat Andi 95 kg, Rosa 83 kg, Joni 35 kg. Saat lift kosong, berapa paling banyak orang dengan berat badan sama dengan Andi yang dapat masuk?
A. 1
B. 4
C. 5
D. 3
Jawab: 5

5. Dua orang akan masuk ke dalam lift. Mereka akan bergabung dengan kelima orang yang sudah ada di dalam lift. Dua orang yang dapat masuk secara bersamaan ke dalam lift tersebut adalah ….
A. Andi dan Joni
B. Andi dan Rosa
C. Rosa dan Joni
D. Jawaban A dan B
Jawab: D


6. Jika Rosa dan Joni masuk bersamaan, kemudian bergabung dengan kelima orang di dalam lift, berapa kilogram barang paling berat yang dapat mereka bawa? Jelaskan alasan matematismu!
Jawab : Jumlah berat Rosa dan Joni adalah 118 kg. Sementara itu sisa kapasitas lift 170 kg. Sehingga bobot barang yang bisa dibawa Rosa dan Joni maksimal 170 kg - 118 kg = 52 kg

7. Ari mencoba mengisi gayung di rumahnya dengan air. Gayung diisi air hingga penuh. Setelah itu, air dari gayung ia masukkan ke beberapa gelas.

Pasangkan gambar gayung biru di sebelah kiri dengan banyak gelas air yang tepat untuk mengisinya di sebelah kanan!
Jawab: - 1 gayung biru+ 1 gelas merah = 5 gelas merah - 2 gayung biru = 8 gelas merah.

8. Berapa banyak gelas yang diperlukan untuk menampung tiga setengah gayung air?
Jawab : 14 gelas merah

9. Gambar tersebut menunjukkan permen jeli tusuk dengan isi yang berbeda. Setiap tusuk terdiri dari beberapa buah permen jeli dengan warna yang sama. Satu tusuk isi 3 permen dijual dengan harga Rp2.000,00 dan satu tusuk isi 5 permen dijual dengan harga Rp3.000,00. Ita membeli 2 tusuk permen jeli isi 5 dan 5 tusuk permen jeli isi 3. Ita membayar dengan 2 lembar uang sepuluh ribuan. Uang kembalian yang diterima Ita adalah ….
Jawab: 4.000

10. Adi mempunyai uang Rp12.000,00. Ia ingin membeli permen jeli seperti pada gambar untuk 2 adiknya. Supaya kedua adiknya mendapatkan permen sama banyak, maka permen apa saja yang harus dibeli Adi?
Jawaban: - 6 tusuk masing-masing isi 3 permen - 3 tusuk masing-masing isi 5 permen dan 1 tusuk isi 3 permen

Pertama, ubah ukuran ubin menjadi cm yakni 400 cm x 800 cm. Dengan ukuran 40cm x 40cm, maka banyak ubin yang diperlukan berdasar panjang ruangan yakni 10 dan 20 untuk lebarnya. 10 x 20 = 200 ubin




11. Surti mempunyai uang senilai Rp20.000,00. Ia ingin menggunakan uang tersebut sebanyak-banyaknya untuk membeli permen dan membagikan kepada 6 orang temannya sama banyak. Permen apa yang harus dibeli Surti? Berikan alasanmu!
Jawab : - Surti dapat membeli 6 permen yang satu tusuk isi 5 permen, sehingga tiap temannya mendapatkan satu tusuk, lalu nanti uangnya akan sisa sebesar 2000 rupiah. - Surti dapat membeli 3 tusuk permen isi 5 dan 5 tusuk permen isi 3. total permen yang didapat 30 buah permen. masing-masing temannya akan mendapat 30/6 = 5 buah permen. uang surti akan bersisa 1000 rupiah saja karena sudah dibelanjakan 19000 rupiah.

12. Gambar tersebut merupakan papan pemutar. Cara memainkannya adalah dengan memutar papan. Setelah papan berhenti, jarum akan menunjuk salah satu bagian. Setelah papan tersebut diputar, papan warna apa yang paling mungkin ditunjuk oleh jarum pada saat berhenti? Jelaskan jawabanmu! 
Jawab : Papan warna merah karena paling banyak jumlahnya dari warna lainnya. 

13. Salah seorang anak mencoba memutar papan dengan arah yang berbeda-beda. Tentukan warna papan yang paling mungkin ditunjuk jarum sesuai dengan arah papan diputar! 
Jawaban : A. Merah, B. Merah.




Jendana mendapat undangan pesta di balai kota. Ia ingin datang dan membawa makanan istimewa. Nama makanan itu gado-gado. Jendana sudah menyiapkan bahannya. Ada cabai, bawang merah, dan bawang putih. Jendana juga menyiapkan kacang, garam, gula merah. Semua bumbu dihaluskan jadi satu.

Selanjutnya, Jendana memotong lontong, kentang, dan sayur-sayuran. Semua bahan dan bumbu dicampur dan dituang bumbu kacang yang sudah dihaluskan. Begitu matang, gado-gado itu akan dibawa ke istana. Sekarang Jendana sudah sampai di istana. Jendana memberikan gado-gado buatannya pada Tuan Putri. Sebenarnya, Jendana takut Tuan Putri gak menyukai gado-gado tersebut. Syukurlah, Tuan Putri suka sekali dengan gado-gado Jendana. Ia bahkan juga menawarkan pada tamu undangan yang lain. Jendana senang sekali.

1. Di istana, Jendana merasa takut karena..
A. Ia belum pernah diundang ke istana.
B. Ia tidak mengenal tuan putri
C. Ia hanya membawa gado-gado buatan sendiri.
D. Ia khawatir tuan putri tidak menyukai gado-gado buatannya.
Jawaban : D

2. Apa saja bahan yang dibutuhkan dalam membuat gado-gado?
A. Bumbu kacang, bawang merah, dan bawang putih.
B. Garam, asam jawa, dan gula pasir.
C. Lontong, garam, dan gula merah.
D. Kacang dan sayuran. 
Jawaban : A



Sekolahku mengadakan perlombaan. Anak yang paling banyak membaca buku akan menjadi pemenang. Dia akan mendapat gelar “Monster Buku”. Aku dan Rido ikut meminjam beberapa buku di perpustakaan. Buku yang dipinjam Rido ternyata halamannya banyak yang lepas. Ia dibantu ibunya memperbaiki buku yang rusak di rumah. Rido jadi bersemangat untuk meminjam lebih banyak buku.

Buku yang dipinjam adalah buku yang rusak dan perlu diperbaiki. Tibalah saatnya gelar “Monster Buku” diumumkan. Gelar itu diraih oleh Rido. Rido diminta tampil untuk menceritakan isi buku yang dipinjam. Rido langsung maju. Dengan gugup Rido bercerita. Ia meminjam banyak buku hanya untuk diperbaiki, bukan dibaca. Gelar “Monster Buku” tidak jadi diberikan. Rido akhirnya mendapat gelar baru, “Dokter Buku”.

3. Gelar apa yang akhirnya didapatkan oleh Rido? 
A. Kutu buku. 
B. Dokter Spesialis. 
C. Dokter Buku. 
D. Buku pelajaran. 
Jawaban : C 

4. Bagaimana cara mendapatkan gelar “Monster Buku” dalam perlombaan tersebut? 
A. Gelar “Monster Buku” diberikan kepada anak yang dapat menceritakan dengan baik isi buku yang dipinjam. [benar | salah] 
B. Gelar “Monster Buku” diberikan kepada anak yang paling rajin meminjam serta membaca buku dari perpustakaan. [benar | salah] 
C. Semua jawaban benar 
D. Buku berjalan. 
Jawaban : B 

5. Apa yang membuat Rido bersemangat untuk meminjam banyak buku? 
A. Meraih gelar “Monster Buku”. 
B. Mengikuti perlombaan di sekolah. 
C. Meraih gelar “Dokter Buku”. 
D. Mendapat gelar perpus berjalan. 
Jawaban : A 

6. Bagaimana sifat Rido berdasarkan cerita tersebut? 
A. Jujur dan peduli 
B. Bohong 
C. Sifat 
D. Pemberani 
Jawaban : A 


*Disclaimer : Pembahasan soal ini hanya sebagai panduan untuk belajar untuk menghadapi pelaksanaan ANBK

Posting Komentar

0 Komentar